Loading
Selamat Datang di Waroeng PakDe SMK Blog's

Sekapur Sirih

Mohon beri Masukan, Saran, dan Kritikan mengenai isi kontens posting Blogspot ini, dan kalau diperlukan diharapkan kerjasama Anda dalam mengisi kontens posting Blogspot ini.
Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya
Admin - waroengpakde

Kamis, Juli 14, 2011

Soal dan Kasus Jurnal

SOAL & KASUS:

1. Jurnal seringkali disebut dengan catatan akuntansi pertama (book of original entry). Jelaskan sebutan terhadap jurnal ini.
2. Dalam perusahaan kecil, jurnal umum biasanya dipakai untuk mencatat seua jenis transaksi yang terjadi dalam perusahaan tersebut. Buatlah contoh jurnal umum tersebut, dan jelaskan kegunaan kolom-kolom yang tercantum dalam jurnal tersebut.
3. Dalam perkembangan usahanya, perusahaan umumnya mengembangkan jurnal umum dengan memecahnya menjadi jurnal-jurnal khusus, untuk mengimbangi perkembagan usahanya terebut. Sebutkan alasan pemecahan jurnal umum menjadi jurnal-jurnal khusus tersebut.
4. Sebutkan prinsip-prinsip dasar yang melandasi percancangan jurnal.
5. Salah satu prinsip dasar yang melandasi perancangan jurnal adalah “untuk mengurangi pekerjaan pembukuan (posting) yang terinci., haru digunakan kolom-kolom khusus dalam jurnal, sehingga memungkinkan pembukuan jumlah per kolom ke dalam rekening yang bersangkutan dalam buku besar”.
Jelaskan prinsip dasar ini dengan menerapkannya pada transaksi pemakain bahan.
6. Sebutkan jenis jurnal yang biasanya digunakan oleh perusahaan yang relatif besar dan jelaskan pula kegunaan setiap jurnal tersebut.
7. Sebut dan jelaskan metode pencatatan data dalam jurnal.
8. Sebut dan jelaskan perancangan jurnal.


KASUS

1. Rancanglah jurnal penjualan berdasarkan data berikut ini:
a. Perusahaan menjual 5 macam produk: A, B, C, D dan E. Manajemen memrlukan informasi hasil penjualan perusahaan dipecah menurut jenis produk
b. Produk A dan B mempunyai frekuensi penjualan yang tinggi dalam sebulan, sedangkan produk yang lain mempunyai frekuensi penjualan yang rendah dalam jangka waktu yang sama.
c. Produk hanya dijual dengan kredit saja.

2. Rancanglah jurnal khusus untuk mencatat transaksi retur penjualan dengan mempertimbangkan informasi mengenai karakteristik transaksi tersebut berikut ini:
a. Dalam satu bulan, frekuensi transaksi retur penjualan berkisar 50 sampai dengan 60 kali (75%) dari frekeunsi penjualan.
b. Perusahaan menjual 5 macam produk A, B, C, D dan E. Manajemen pemasaran memerlukan informasi mengenai retur penjualan menurut jenis produk tersebut.
c. Produk A, B dan C mempunyai frekuensi penjualan dan retur penjualan yang jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan produk lainnya.
d. Semua penjualan dilakukan dengan kredit.

3. Rancanglah jurnal untuk mencatat transaksi pemakaian bahan baku dengan mempertimbangkan informasi mengenai karakteristik transaksi tersebut berikut ini:
a. Dalam satu bulan, frekuensi transaksi pemakaian bahan baku berkisar 80 sampai dengan 70 kali (70% dari frekuensi pemakain barang gudang).
b. Perusahaan memproduksi produk berdasarkan pesanan melalui 4 tahap produksi: proses persiapan, proses pengolahan, proses penyelesaian, dan proses pembungkusan. Bahan baku dikonsumsi dalam proses persiapan dan proses penyelesaian.
c. Jurnal ini akan digunakan sebgai sumber posting kedalam kartu harga pokok produk dan rekening barang dalam prosese (rekening ini dibagi menuru tahap proses pengolahan produk).

4. Rancanglah jurnal khussu untuk mencatat transaksi retur pembelian dengan mempertimbangkan informasi mengenai karakteristik transaksi tersebut berikut ini:
a. Dalam satu bulan, frekuensi transaksi retur pembelian berkisar 20 sampai dengan 30 kali (25% dari frekuensi pembelian).
b. Perusahaan menjaul 4 mcam persediaan: persediaan suku cadang, persediaan bahan penolong, persediaan bahan habis pakai pabrik, persediaan bahan umum. Manajemen pembelian memerlukan informasi mengenai retur pembelian menurut kelompok persediaan tersebut.
c. Persediaan bahan penolong dan suku cadang mempunyai frekuensi pembelian dan retur pembelian yang jauh lebih tinggi bila dibandingkan denganpersediaan lainnya.
d. Semua pembelian dilakukan dengan kredit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan Opini Anda tentang Topik ini