Loading
Selamat Datang di Waroeng PakDe SMK Blog's

Sekapur Sirih

Mohon beri Masukan, Saran, dan Kritikan mengenai isi kontens posting Blogspot ini, dan kalau diperlukan diharapkan kerjasama Anda dalam mengisi kontens posting Blogspot ini.
Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya
Admin - waroengpakde

Rabu, Juli 13, 2011

Tujuan Program Keahlian Administrasi Perkantoran

Secara khusus tujuan program keahlian Administrasi Perkantoran adalah membekali peserta didik dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap agar kompeten :
1. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan relasi dengan memperhatikan norma dan lingkungan masyarakat.
2. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan teknologi informasi untuk melaksanakan tugas secara efektif dan efesien.
3. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan untuk merencanakan, melaksanakan, mengorganisasi, dan mengevaluasi tugas yang menjadi tanggungjawab.
4. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan dalam mengelola surat/dokumen sesuai dengan standar operasional dan prosedur untuk mendukung tugas pokok lembaga.
5. Menerapkan dan mengembangkan pelayanan terhadap relasi sehingga diperoleh manfaat masing-masing pihak.
6. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan mengelola administrasi keuangan sehingga segala aspek keuangan dapat dilaporkan dan dipertanggungjawabkan.

Latar Belakang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Mata Pelajaran

1. Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kagiatan pembelajaran untukmencapai tujuan pendidikan tartentu, yang meliputi Tujuan Pendidikan Nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik, oleh sebab itu Kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah.
2. Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan (KTSP) yang beragam mengacu pada standard Nasional Pendidikan untuk menjamin pencapaian Tujuan Pendidikan Nasional. StandarNasional Pendidikan terdiri atas Standard Isi, Proses, Kompetensi Kelulusan, Tenaga Kependidikan, Sarana dan Prasarana, Pengelolaan, Pembiayaan dan Penilaian pendidikan, Standard Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam pengembangan Kurikulum.

Tujuan Mata Pelajaran

1. Mata pelajaran merupakan materi bahan ajar berdasarkan Landasan Keilmuan yang akan dibelajarkan kepada peserta didik sebagai beban belajar melalui metode dan pendekatan tertentu.
2. Beban belajar pada mata pelajaran ditentukan oleh keluasan dan kedalaman pada masing – masing tingkat satuan pendidikan. Metode dan pendekatan pada mata pelajaran bergantung pada ciri khas Karakteristik masing – masing mata pelajaran dengan menyesuaikan pada kondisi yang tersedia di sekolah.
3. Sejumlah mata pelajaran tersebut terdiri dari mata pelajaran Wajib dan mata pelajaran pilihan pada sekolah menengah kejuruan.
4. Untuk mencapai standard kompetensi yang telah ditetapkan oleh Dunia Usaha/Dunia Industri, Asosiasi Profesi, Substansi mata pelajaran di SMK di kemas dalam berbagai Mata Pelajaran yang salah satuya adalah Program Produktif.

A. KOMPETENSI KEJURUAN

Standar Kompetensi :
1. Memahami prinsip-prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran
Kompetensi Dasar :
1.1. Mendeskripsikan administrasi perkantoran
1.2. Mendeskripsikan fungsi pekerjaan kantor dalam organisasi
1.3. Mengidentifikasi pekerjaan kantor
1.4. Mengidentifikasi sarana dan prasarana administrasi perkantoran
1.5. Mengidentifikasi persyaratan personil administrasi perkantoran.

Standar Kompetensi :
2. Mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi
Kompetensi Dasar :
2.1. Mengidentifikasi proses komunikasi
2.2. Menerima dan menyampaikan informasi
2.3. Memilih media komunikasi
2.4. Melakukan komunikasi melalui telepon.

Standar Kompetensi :
3. Menerapkan prinsip-prinsip kerjasama dengan kolega dan pelanggan
Kompetensi Dasar :
3.1. Mendeskripsikan kerjasama dengan kolega dan pelanggan
3.2. Menyediakan bantuan kepada pelanggan di dalam dan di luar organisasi
3.3. Memelihara standar penampilan pribadi
3.4. Menerapkan bekerja dalam tim.

Standar Kompetensi :
4. Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)
Kompetensi Dasar :
4.1. Mendeskripsikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
4.2. Melaksanakan prosedur K3
4.3. Menerapkan konsep lingkungan hidup
4.4. Menerapkan ketentuan pertolongan pertama pada kecelakaan.

Standar Kompetensi :
5. Mengoperasikan aplikasi perangkat lunak
Kompetensi Dasar :
5.1. Mendeskripsikan aplikasi perangkat lunak
5.2. Mengoperasikan aplikasi perangkat lunak dalam mengolah dokumen/ naskah.

Standar Kompetensi :
6. Mengoperasikan aplikasi presentasi
Kompetensi Dasar :
6.1. Mendeskripsikan aplikasi presentasi
6.2. Menggunakan aplikasi presentasi untuk mengolah bahan informasi.

Standar Kompetensi :
7. Peralatan kantor
Kompetensi Dasar :
7.1. Melakukan prosedur pengadaan peralatan kantor
7.2. Menggunakan peralatan kantor
7.3. Memelihara peralatan kantor.

Standar Kompetensi :
8. Melakukan prosedur administrasi
Kompetensi Dasar :
8.1. Mengidentifikasi dokumen-dokumen kantor
8.2. Melakukan surat-menyurat
8.3. Menata dokumen.

Standar Kompetensi :
9. Menangani penggandaan dokumen
Kompetensi Dasar :
9.1. Memilih jenis penggandaan dokumen yang sesuai
9.2. Melakukan penggandaan dokumen
9.3. Mendistribusikan dokumen.

Standar Kompetensi :
10. Menangani surat/dok. Kantor
Kompetensi Dasar :
10.1. Mengidentifikasi jenis-jenis surat/ dokumen
10.2. Memproses surat/dokumen
10.3. Mendistribusikan surat/dokumen
10.4. Memproses e-mail.

Standar Kompetensi :
11. Mengelola sistem kearsipan
Kompetensi Dasar :
11.1. Menentukan sistem kearsipan
11.2. Menentukan kebutuhan alat dan bahan kearsipan
11.3. Mengimplementasikan sistem kearsipan
11.4. Memelihara sistem kearsipan.

Standar Kompetensi :
12. Membuat dokumen
Kompetensi Dasar :
12.1. Membuat catatan dikte untuk menghasilkan naskah/dokumen
12.2. Mengidentifikasi kebutuhan dokumen
12.3. Membuat dokumen
12.4. Memproduksi dokumen.

Standar Kompetensi :
13. Memproses perjalanan bisnis
Kompetensi Dasar :
13.1. Mendeskripsikan perjalanan bisnis
13.2. Melaksanakan penanganan perjalanan bisnis.

Standar Kompetensi :
14. Mengelola pertemuan/rapat
Kompetensi Dasar :
14.1. Mempersiapkan pertemuan/rapat
14.2. Menyelenggarakan pertemuan/rapat
14.3. Membuat catatan hasil pertemuan/ rapat
14.4. Mendistribusikan hasil pertemuan/ rapat.

Standar Kompetensi :
15. Mengelola dana kas kecil
Kompetensi Dasar :
15.1. Mempersiapkan administrasi kas kecil
15.2. Membukukan mutasi dan selisih dana kas kecil
15.3. Mendokumentasikan bukti-bukti kas kecil.

Standar Kompetensi :
16. Memberikan pelayanan kepada pelanggan
Kompetensi Dasar :
16.1. Mendeskripsikan pelayanan prima
16.2. Mengidentifikasi pelanggan dan kebutuhannya
16.3. Memberikan pelayanan kepada pelanggan.

Standar Kompetensi :
17. Mengelola data/informasi di tempat kerja
Kompetensi Dasar :
17.1. Mengumpulkan data/informasi
17.2. Melakukan pengolahan data/ informasi

Standar Kompetensi :
18. Mengaplikasikan administrasi perkantoran di tempat kerja
Kompetensi Dasar :
18.1. Melaksanakan tata persuratan dan kearsipan
18.2. Melaksanakan administrasi kepegawaian/ketenagaan
18.3. Melaksanakan administrasi keuangan
18.4. Melaksanakan administrasi sarana dan prasarana.

B. STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN
1. Berprilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja
2. Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya
3. Menunjukan sikap percaya diri dan bertangungjawab atas perilaku, perbuatan dan pekerjaannya.
4. Berpartisipasi dalam menegakan aturan-aturan sosial.
5. Menghargai keragaman agama, bangsa, suku, ras dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup global.
6. Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif dan inovatif.
7. Menunjukkan kemampuan berfikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan.
8. Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik.
9. Menunjukkan kemampuan budaya belajar untuk pemberdayaaan diri.
10. Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah kompleks.
11. Menunjukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial.
12. Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggungjawab
13. Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
14. Mengekpresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya.
15. Mengapresiasi karya seni dan budaya.
16. Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun kelompok.
17. Menjaga kesehatan dn keamanan diri, kebugaran jasmani, serta kebersihan lingkungan
18. Berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dan santun.
19. Memahami hak dan kewajiban diri orang lain dalam pergaulan di masyarakat.
20. Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain
21. Menunjukkan keterampilan membaca dan menulis naskah secara sistematis dan estesis.
22. Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca, menulis dan berbicara dalam bahasa indonesia dan bahasa inggris.
23. Menguasai kompetensi program keahlian dan kewirausahaan baik untuk memenuhi tuntutan dunia kerja maupun untuk mengikuti pendidikan tinggi sesuai dengan kejuruannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan Opini Anda tentang Topik ini