Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) atau dalam bahasa Inggris Software Engineering (SE) adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas.
PERANGKAT LUNAK :
Perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer.
Beberapa contoh macam perangkat lunak, yaitu:
1. Perangkat lunak aplikasi (application software) seperti pengolah kata, lembar tabel hitung, pemutar media, dan paket aplikasi perkantoran seperti OpenOffice.org.
2. Sistem operasi (operating system) misalnya Linux Ubuntu, Microsoft Windows, Free BSD, Unix, Mac OS
3. Perkakas pengembangan perangkat lunak (software development tool) seperti Kompilator untuk bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan.
4. Pengendali perangkat keras (device driver) yaitu penghubung antara perangkat perangkat keras pembantu dan komputer adalah software yang banyak dipakai di swalayan dan juga sekolah, yaitu penggunaan barcode scanner pada aplikasi database lainnya.
5. Perangkat lunak menetap (firmware) seperti yang dipasang dalam jam tangan digital dan pengendali jarak jauh.
6. Perangkat lunak bebas (free ‘libre’ software) dan Perangkat lunak sumber terbuka (open source software)
7. Perangkat lunak gratis (freeware)
8. Perangkat lunak uji coba (shareware /trialware)
9. Perangkat lunak perusak (malware)
Garis Besar Kerangka Kurikulum REKAYASA PERANGKAT LUNAK:
1. Personal Komputer & Jaringan (merakit, instalasi dan menggunakan sistem operasi)
2. Menggunakan Bahasa Pemrograman Komputer (Desktop/Web)
3. Merancang, membuat dan mengelola aplikasi pengelolaan data
Tingkatan Sumber Daya Manusia dalam Bidang RPL :
1. User / Pengguna
2. Operator
3. Junior Programmer (Pembuat Program Yunior)
4. Senior Programmer (Pembuat Program Senior)
5. Analist
Target Pendidikan Jurusan RPL SMK → Operator Menuju Junior Programmer
Lapangan Pekerjaan :
a. Semua bidang pekerjaan yang berhubungan dengan komputer
b. Programmer Junior
c. Operator dan Teknisi Komputer
d. Bagian pengolahan data
Proses belajar mengajar di RPL SMK :
1. Normatif
2. Adaftif
3. Produktif
Produktif :
1. Kompetensi Dasar
2. Kompetensi Keahlian
Produktif → berisi materi2 utama khas RPLyang akan dibagi menjadi jam kegiatan berikut:
* Tatap Muka (TM)
* Praktek Sekolah (PS)
* Praktek Lapangan (PL)
Magang adalah kegiatan belajar siswa di lapangan untuk melihat, mencoba, mempraktekkan pelajaran di sekolah secara real dilapangan / dunia industri
Jurusan RPL SMK harus mengikat kerjasama untuk magang dengan dunia industri bidang perangkat lunak, perbankan, jasa dan lain-lain yang sesuai dengan bidang RPL
Ujian Kompetensi Keahlian Praktek dan Teori —> Termasuk Materi Ujian Nasional
UKK Praktek —-> Membuat sebuah software aplikasi pengelolaan data real
UKK Teori —-> Ujian Tertulis soal-soal tentang materi diklat produktif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Berikan Opini Anda tentang Topik ini